• Jelajahi

    Copyright © Duta Sumsel
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dinas PUTR PALI Bakal Bangun Destinasi Wisata Embung Di Desa Benakat Minyak

    Minggu, 06 November 2022, November 06, 2022 WIB Last Updated 2022-11-06T12:56:27Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    PALI, DutaSumsel -- Embungadalah Bangunan penampung air yang sumber airnya berasal dari mata air / curah hujan, sungai, dan sumber air lainnya dengan tujuan menyediakan tempat yang mampu menampung air sebagai salah satu upaya perlindungan dan pelestarian sumber air. 


    Embung juga bermanfaat untuk pengawetan air yang dapat dimanfaatkan warga sekitar embung. Selain itu, pembuatan embung juga bertujuan untuk menambah nilai estetika yang bermanfaat bagi sektor wisata.


    Salah satunya pembangunan embung yang dibangun Pemerintah Kabupaten PALI di Desa Benakat Minyak kecamatan Talang Ubi kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).


    Embung di Benakat Minyak tidak hanya berfungsi sebagai sarana irigasi namun bisa dimanfaatkan untuk kegiatan positif lainnya untuk masyarakat. Hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Kepala Dinas (Kadin) Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) PALI Ristanto melalui Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Jepran, ST.


    Jepran mengatakan embung di Desa Benakat Minyak nantinya bisa di sulap menjadi tempat destinasi rekreasi maupun usaha lain seperti tempat pemancingan bahkan kolam pembibitan ikan guna mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar khususnya desa Benakat Minyak itu sendiri.


    "Kalau nantinya dikelola menjadi tempat destinasi wisata potensinya sangat bagus," ujar Jepran.


    Selain itu Jepran menjelaskan lagi bahwasannya pembangunan embung selain untuk desninasi wisata, digunakan juga untuk tempat olahraga serta pembangunannya infrastruktur penunjang seperti pelataran parkir lampu taman, joging track secara bertahap.


    "Ini akan menjadi icon desa Benakat Minyak, dan nantinya akan diserahkan ke Pemdes untuk dikelola, dan pembangunannya bertahap. Di APBDP 2022 ini dibangun jalan menuju embung" ungkap Jepran.


    Sambung Jepran, perlu diketahui bahwasannya desa Benakat Minyak menjadi jalur lintas menuju Lubuk Linggau Musi Rawas, sehingga bisa menjadi tempat destinasi wisata atau istirahat bagi masyarakat yang melalui jalur lintas tersebut bahkan bisa digunakan tempat beristirahat sejenak bagi pelintas.


    "Dengan banyaknya masyarakat yang melintas jalur ini, sehingga embung menjadi daya tarik wisatawan. Dan berdampak bagi perekonomian masyarakat sekitar," ucapnya.


    Hal senada disampaikan pula oleh Kasubag Dinas PUTR PALI, sekaligus Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Viktor, ST, Ia menyebutkan bahwasannya Embung di desa Benakat Minyak dibuat bertujuan selain untuk penampungan air yang bisa digunakan sebagai sumber air bersih bagi masyarakat bisa pula dijadikan tempat rekreasi atau wisata.


    "Dengan dibangunnya embung ini, semoga bermanfaat untuk masyarakat baik secara persediaan air bersih bahkan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar," ujarnya.


    Viktor pun mengajak semua masyarakat untuk selalu menjaga keberadaan embung ini.


    "Tolong dijaga karena itu aset kita semua," harapnya.


    Dengan dibangunnya embung di desa Benakat Minyak direspon positif oleh Kepala Desa (Kades) Benakat Minyak Edi Suprapto, dirinya menerangkan kepada awak media bahwasannya rencana pembangunan embung sudah lama sekali di inginkan warga sebelum dirinya terpilih menjadi Kades.


    Lanjut Edi, dengan dirinya terpilih menjadi Kades ada niat baik dari warganya yang menghibahkan tanahnya dua hektar lebih untuk pembuatan embung sekaligus akses jalannya. 


    Lanjut Kades, amanah dari yang menghibahkan agar digunakan untuk embung, dan kolam pembibitan ikan.


    "Untuk bibit ikannya sudah kita buatkan proposal melalui kelompok tani desa Benakat Minyak ke dinas terkait," ungkap Kades.


    Selain itu dirinya selaku Pemerintahan Desa (Pemdes) berencana mengelola embung untuk tempat wisata dan tempat olahraga air, dan memberi peluang warganya berjualan bahkan mengelola tenpat parkir bagi wisatawan lokal maupun dari luar daerah.


    "Dengan menjadi tempat wisata, bisa menambah devisa, serta meningkatkan perekonomian warga desa," ujar Kades.


    Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab. PALI yang sudah membangun embung serta akses jalannya yang saat ini masih tahap pembangunan.


    "Terima kasih kepada Pak Bupati, DPRD PALI, Dinas PUTR, semoga kabupaten yang kita cintai ini semakin maju khususnya Desa Benakat Minyak," tutup Kades.(ORI)


    Editor:Heru 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini