• Jelajahi

    Copyright © Duta Sumsel
    Best Viral Premium Blogger Templates

    PEP Adera Field Sukses Temukan Gas dan Kondensat 627% dari Target

    Selasa, 27 September 2022, September 27, 2022 WIB Last Updated 2022-09-27T13:24:04Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    PRABUMULIH, Dutasumsel -- Pertamina EP (PEP) Adera Field berhasil temukan cadangan gas dan kondensat dari Sumur Benuang BNG-B1 yang terletak di struktur Benuang, Desa Benuang, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatera Selatan.


    Kesuksesan pengeboran ini dinilai sangat luar biasa, mengingat berhasil ditemukan gas sebesar 15,72 MMSCFD dari target awal  2 MMSCFD, atau 786% dari target. Selain mendapatkan gas, sumur BNG-B1 juga menghasilkan produksi initial kondensat sebesar 329 BCPD dari target awal 150 BCPD, atau tercapai 220% dari target. Secara equivalen, berhasil ditemukan cadangan hidrokarbon sebesar 3.111 BOEPD dari target awal 496 BOEPD, atau 627% dari target. 


    General Manager Zona 4, Agus Amperianto, menyampaikan bahwa pengeboran sumur BNG-B1 juga diperkirakan menambah cadangan gas inplace Blok B Benuang sebesar 103,64 BSCF (miliar standar kaki kubik) dan cadangan minyak inplace sebesar 8,91 MMBo (juta barel) sehingga membuka peluang untuk pengembangan struktur Benuang.


     “Keberhasilan target pengeboran juga tidak terlepas dari Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) dari sisi operasi produksi, Rksploitasi dan pengembangan yang mengedepankan aspek safety,” tutur Agus ketika dikonfirmasi Selasa (27/9/2022). 


    Ungkapnya, proses pengeboran sumur BNG-B1 selesai pada 14 Agustus 2022 dengan durasi pengerjaan 47 hari kalender, lebih cepat dari target awal selama 61 hari. “Sehingga diperoleh efesiensi secara waktu dan biaya. Dengan total gross revenue dari penjualan gas sebesar 155.810 USD per hari, dan investasi pengeboran sebesar 6.067.738 USD, maka pengembalian investasi dapat dicapai dalam 40 hari,” bebernya. 


    Melalui penerapan Spirit of SUMATERA (SUstainable, MAssive, To grow, Efficient, Resilient, Aggressive) diharapkan keberhasilan pengeboran ini akan berkelanjutan sehingga pasokan energi di Indonesia dapat terpenuhi di tengah laju penurunan produksi lapangan migas yang sudah mature. 


    "Keberhasilan pengeboran ini juga berkat peran SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Perwira Adera Field, kontraktor dan mitra kerja perusahaan, serta pemerintah yang telah mendukung aktivitas eksplorasi dan produksi PEP Adera Field", tutupnya singkat. 


    Editor:Heru

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini