• Jelajahi

    Copyright © Duta Sumsel
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kadisdik Prabumulih Imbau Jangan Ada Jual-beli Bangku Jelang PPDB SD-SMP

    Senin, 23 Mei 2022, Mei 23, 2022 WIB Last Updated 2022-05-23T12:32:16Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    PRABUMULIH, DutaSumsel – Menjelang dilaksanakannya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) alias penerimaan siswa baru. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Prabumulih, H Kusron SPd, pihaknya telah merumuskan standar operasional prosedur (SOP).


    “Kami sudah merumuskan SOP, silahkan ikutilah SOP yang sudah ada,” ungkap Kusron ketika diwawancarai usai menghadiri rapat koordinasi pengawasan APIP dan APH, di gedung kesenian rumadinas walikota, Senin (23/5/2022).


    Dijelaskan Kusron, SOP itu salah satunya menegaskan tidak boleh ada praktik “jual-beli kursi” atau pungutan liar (pungli) agar dapat masuk (diterima) lewat “pintu belakang”.


    “Kalau kami mengimbau tidak ada uang jual beli bangku (penerimaan siswa baru), tidak ada sama sekali, pungutan pun tidak ada,” tegasnya.


    Apabila ada oknum yang melakukan praktik jual-beli bangku atau pungutan dalam penerimaan siswa baru? sambung Kusron, hal itu dapat dilaporkan langsung kepada dirinya maupun kepada penegak hukum. “Silakan laporkan, akan kita berikan sanksi kepada oknum yang melakukan itu,” tuturnya.


    Ketika ditanya langkah apa yang dilakukan Disdik agar tidak terjadi praktik jual-beli bangku, Kusron menuturkan pihaknya telah membentuk tim pengawasan PPDB.


    “Tim pengawas kita ada, baik yang di dinas pendidikan sudah ada maupun tim yang mengontrol langsung ke sekolah-sekolah juga ada. Kalau SD ada pengawas wilayah masing-masing, SMP juga sudah ada,” pungkasnya. (*)


    Editor: Heru

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini