• Jelajahi

    Copyright © Duta Sumsel
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dongkrak Ekonomi di Masa Pandemi, Desa Payo Kembangkan Budidaya Lele

    Selasa, 09 Maret 2021, Maret 09, 2021 WIB Last Updated 2021-03-09T16:56:42Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    LAHAT, DS - Dalam upaya mendukung program  pemulihan Ekonomi kemasyarakaran  dimasa Pandemi global Covid-19, Pemerintah Desa Payo Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat Sumsel mengembangkan Budidaya Ikan Lele dengan metode green water natural water system. Hal ini jelaskan Harun Rasyid selaku Kades Desa Payo disela Panen Perdana Ikan Lele 9/3 bertempat di Areal Kantor Desa Payo.


    Menurut Kades, semula merasa pesimis berbagai kendala yang dialami karena minimnya tentang budidaya ikan serta pemasaran ikan. Dengan adanya pencanagan Budidaya ikan akhirnya bertandang ke Dinas Pertanian untuk menggali ilmu dan  dibantu CSR dari PT Priamanaya sehingga Desa Payo berhasil mengolah 2 varian Ikan Lele " ujar Kades.


    Sementara itu Bupati Lahat Cik Ujang mengatakan bahwa " Budidaya ikan lele ini menggunakan metode terpal dan  merupakan tehknik saat ini di kembangkan dalam aqua culture yang bertujuan untuk memperbaiki kwalitas  air dan meningkatkan efisiensi pemanfaatan nutrisi tingginya limbah organik dari sisa pakan ikan dan kotoran ikan secara intensif akan menyebabkan penumpukan dan pengendapan didasar kolam.


    Pemkab lahat telah menunjukkan keseriusan dalam rangka memperdayakan kelompok- kelompok masyarakat agar lebih produktif dalam menghadapi pandemik covid 19  serta memiliki usaha yang menguntungkan dan berkelanjutan. Bupati Lahat mengapresiasikan kemajuan POKDAKAN, kepada Priamanaya group atas nama Pemkab Lahat mengucapkan selamat atas sinergitasnya  dan kontribusi mendukung program ini." tandas Cik Ujang 


    Hal senada dikatakan Sigit Ari Wibowo Pihak Primanaya Group mengharapkan Desa Payo menjadi prioritas binaan dari CSR dengan adanya Budidaya Ikan Lele ini.kolam ada 4 rencana 6, beserta isinya.


    Panen raya Ikan Lele ini dihadiri Sekda, Inspektur, Kadis Koperasi dan UMKM, Ka Dispenda, Camat Merapi Barat, Kadis Petikanan,, Ka Bapeda, Koramil Merapi, Kades Merapi, Kades se- Merapi Barat serta undangan Lainnya.


    Pada sesion akhir Bupati beserta rombongan meninjau kolam Green Water serta melihat Stand hasil olahan ikan lele Bumdes Maju Cemerlang Desa Payo.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini