• Jelajahi

    Copyright © Duta Sumsel
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pipa Minyak Perusahaan PT. Medco Bocor Cemari Lahan Persawahan Warga dan Sungai

    Minggu, 07 Juni 2020, Juni 07, 2020 WIB Last Updated 2020-06-07T03:15:51Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    MUBA,DS. -- Pipa minyak PT. Medco di desa Jirak kecamatan Jirak Jaya kabupaten Musi Banyuasin mengalami kebocoran Sabtu ( 06/06/20) sehingga minyak mentah mengalir kepersawahan warga yang mengakibatkan sawah serta sungai menjadi tercemar oleh minyak , terlihat di persawahan warga air menjadi hitam kental dan adanya bangkai ikan di persawahan.

    Titik kebocoran pipa minyak ini milik perusahaan PT.Medco  di dusun 4 desa Jirak , dari pantauan media penyebab kebocoran di duga dari Klam pipa  dan pipa yang mengalami Corrocive, sehingga minyak mentah mengalir kepersawahan warga tercemar minyak mentah diperkirahkan 1,5 Ha, minyak mengalir ke sumur warga dan di persawahan terlihat bangkai ikan mengapung.

    M. Amin yang sawahnya tercemar oleh minyak mentah lebih kurang 3/4 Ha. menurutnya bicornya pipa minyak milik PT. Medco ini bukan yang pertama kali, ini kejadian sudah yang ke tiga kalinya.

    Pipa pecah di atas jalan dusun 4 desa jirak minyaknya mengalir ke persawahan kami, dan kami sangat dirugikan , sedangkan padi yang kami tanam sudah satu minggu, sudah ada negosasi dari pihak perusahaan tapi belum ada kesepakatan. minyak ini mengalir ke sungai Jirak dan pemukiman warga, sangat berbahaya," ungkap Amin.

    Begitu juga sawahnya pak Jamin yang luasnya lebih kurang 1/2 Ha padinya sudah berumur satu bulan, semuanya kena limbah minyak mentah, kajadian bocornya pipa minyak di perkirakan Sabtu pagi pukul 3.00 wib. Dan sawah ini yang tercemar minyak untuk pulih di tanam kembali mencapai 4 kali musim tanam karna tanahnya sudah tercemar minyak," jelasnya.

    Semantara itu pihak perusahaan PT. Medco di lokasi terlihat sedang perbaikan di titik yang mengalami kebocoran namun pihak perusahaan di lapangan belum mau untuk di konfirmasikan, nanti kita kasih rillis," jelasnya di lapangan.

    Di tempat terpisah Camat Jirak jaya Nen Fadli di konfirmasi via whadsApp mengatakan Pipa milik medco,  lokasi dusun 4 jirak. Sekarang sudah ditangani.  

    Pemilik lahan yang terdampak sudah didata oleh medco dan pemdes jirak,  untuk bahan pertimbangan selanjtnya masalah konpensasi.(Tim) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini