• Jelajahi

    Copyright © Duta Sumsel
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kodim 0402/OKI Gelar Donor Darah, Bantu PMI Atasi Kekurangan Ketersediaan Darah Akibat Pandemi Covid-19

    Jumat, 03 April 2020, April 03, 2020 WIB Last Updated 2020-04-03T05:17:53Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    KAYUAGUNG.DS, --Wabah virus Corona atau dengan sebutan lain Covid-19 yang tengah merebak di seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia membuat semua pihak bahu-membahu memerangi virus yang telah merenggut ratusan korban jiwa di tanah air ini. Tak terkecuali jajaran Kodim 0402/OKI, selain aktif melakukan sosialisasi pencegahan virus ini dan melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat, Kodim 0402/OKI juga ikut membantu Palang Merah Indonesia (PMI) yang kekurangan stok darah dengan menggelar donor darah.
    "Kodim 0402/OKI- OI akan terus berupaya untuk melakukan hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, salah satu cara yang kami pilih adalah dengan aksi donor darah," kata Dandim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni, S.Sos. melalui Kepala Staf Kodim Mayor Chk Ernanda Laksanawan, S.H., M.H., Jumat (3/4/2020).
    Mayor Chk Ernanda menjelaskan, proses donor darah yang diambil dari personel jajaran Kodim 0402/OKI ini dilaksanakan secara sukarela. Dari hasil pengambilan darah ini, nantinya akan disimpan di bank darah sebagai stok darah, "Untuk kemudian digunakan dalam transfusi darah bagi yang membutuhkannya, termasuk pasien yang mungkin dinyatakan terpapar Covid-19," kata Mayor Chk Ernanda.

    Lebih lanjut diungkapkan Mayor Chk Ernanda, adanya program pembatasan sosial yang sedang dilakukan maka ketersediaan darah bisa berpengaruh. Aksi donor darah Kodim 0402/OKI pun diharapkan bisa membantu PMI dalam rangka menjaga ketersediaan darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat.

    Ia juga meyakini bahwa manfaat donor darah sendiri dapat meningkatkan produksi sel darah merah, hal itu terjadi karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Dengan rutin melakukan donor darah, maka tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar. "Melalui sirkulasi sel darah yang rutin tentunya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan dari berbagai serangan virus termasuk Covid-19," tutupnya.

    Adapun kegiatan donor darah ini digelar di Poskes 02-10-02 Makodim 0402/OKI yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang diikuti personel jajaran Kodim 0402/OKI.Red
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini