• Jelajahi

    Copyright © Duta Sumsel
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Optimalisasi Pengolahan Labu Kuning dalam Bentuk Cold Noodle Herbal

    Kamis, 28 November 2019, November 28, 2019 WIB Last Updated 2019-11-28T05:32:50Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    INDRALAYA.DS, -- Buah labu kuning merupakan salah satu buah rendah kalori yang kaya akan senyawa karetonoid. Dimana karoten adalah pigmen utama dalam membentuk warna merah, orange, kuning da hijau pada buah dan sayur. Karoten mempunyai sifat fungsional sebagai anti oksidan yang melindungi sel dan jaringan dari kerusakan akibat adanya radikal bebas dalam tubuh. 

    Pada umumnya masyarakat belum mengetahui tentang kandungan anti oksidan yang terdapat pada buah labu kuning. Terkait hal tersebut kemudian tim LPPM Universitas Sriwijaya melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai wujud skema aplikasi iptek dan seni budaya lokal. Kegiatan ini dilakukan di desa Pulau Semambu kecamatan Inderalaya Utara kabupaten Ogan Ilir. Dengan judul, Optimalisasi Pengolahan Labu Kuning dalam bentuk Cold Noodle Herbal sebagai Pangan Fungsional Kaya Antioksidan. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk dapat menjelaskan kepada masyarakat terkait sumber-sumber radikal bebas, sumber-sumber antioksidan serta cara pengolahan labu kuning menjadi pangan fungsional kaya antioksidan.

    Dengan diketuai oleh ibu Indah Solihah, M.Sc Apt dari fakultas MIPA jurusan Farmasi UNSRI kegiatan ini juga dibantu oleh beberapa dosen lainnya. Yaitu, ibu Dr. Miksusanti, M.Si dari MIPA Kimia UNSRI dan ibu dr. Riana Sari Puspita Rasyid, M.Biomed dari fakultas kedokteran UNSRI. Sasaran dari kegiatan ini yaitu masyarakat daerah Pulau Semambu yang berada tidak jauh dari kampus UNSRI Inderalaya. Metode kegiatan ini dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, melalui metode penyuluhan, kemudian tanya jawab, dilanjutkan dengan peragaan pembuatan Cold Noodle Herbal. Peserta kegiatan berjumlah kurang lebih 20 orang yang semuanya berasal dari desa Pulau Semambu. 

    Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan masyarakat terkait radikal bebas dan antioksidan, serta meningkatkan keterampilan masyarakat dalam optimalisasi pengolahan buah labu kuning. Yang pada akhirnya diharapkan bisa meningkatkan nilai ekonomis dari buah labu kuning. Serta manfaat ini juga bisa dirasakan oleh pemerintah, dengan semakin meningkatnya taraf kesehatan masyarakat desa Pulau Semambu.

    Pewarta : Umi Iin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini