• Jelajahi

    Copyright © Duta Sumsel
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ramadhan, Poli Ortopedi RSUD Prabumulih Ramai Kunjungan Pasien

    Rabu, 14 Juni 2017, Juni 14, 2017 WIB Last Updated 2017-06-14T14:50:31Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    PRABUMULIH, DS - Kunjungan pasien ke layanan kesehatan poliklinik ortopedhi di RSUD memasuki minggu ke tiga bulan Puasa Ramadhan 1438 H tampak mengalami peningkatan. Rata-rata pasien yang berkunjung berusia di atas 40 tahun dengan keluhan nyeri di sendi yang berhubungan dengan tulang.

    Romli (52) warga Muara Dua Prabumulih timur Kota Prabumulih yang ditemui posmetroprabu.com (Duta Sumsel group) di RSUD mengaku mengeluhkan nyeri pada sendi sejak beberapa hari terakhir sehingga memaksakan dirinya untuk memeriksa kesehatan di Poliklinik Orthopedi RSUD Kota Prabumulih. 

    Ia mengaku sejak puasa meninggalkan rutinitas pekerjaannya di Kebun Karet miliknya di Kawasan Jalan Lingkar Timur Kota Prabumulih.

    "Mungkin akibat sudah dua minggu ini kali tidak bekerja di kebun, membuat badan rasanya pegal-pegal. Barangkali faktor usia juga kita tidak tahu. Namun begitu biar tidak menduga-duga kita langsung saja chek ke dokter ahlinya di sini" ujar Romli ketika dibincangi di ruang tunggu RSUD Kota Prabumulih, Rabu (14/06/2017)

    Peningkatan kunjungan pasien ke Poliklinik Orthopedi juga di akui oleh Kabag TU RSUD Kota Prabumulih Adi Kuanto. Menurutnya, secara umum kunjungan pasien ke RSUD Kota Prabumulih mengalami penurunan.

    "Selama Ramadhan 1438 Hijriah jumlah pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Prabumulih mengalami penurunan. Menurunnya jumlah pasien baik rawat jalan maupun rawat inap biasanya terjadi saat bulan puasa. Hal ini biasanya dipicu keadaan faktor psikologis yang berkembang dalam masyarakat" ujarnya.

    Berdasarkan data pasien di RSUD Kota Prabumulih, terhitung sejak Mei 2017 terdapat sebanyak 3981 orang yang terdiri dari 701 orang pasien rawat inap dan 3280 orang pasien rawat jalan. Sedangkan di tanggal 1 sampai 13 Juni ini tercatat sebanyak 1251 orang pasien dengan rincian 335 orang pasien rawat inap dan 916 pasien rawat jalan.

    Dikatakan, jika pun ada peningkatan kunjungan pasien pada Poli Orthopedi, itu merupakan hal yang biasa di rumah sakit dan tetap mendapatkan layanan sebagamana mestinya. Hanya saja menurut Adi Kuanto, data spesifik jumlah kunjungan pasien di Klinik Orthopedi secara umum belum bisa di total karena pasien banyak yang menggunakan layanan asuransi kesehatan BPJS. 

    Sementara itu, Direktur RSUD Kota Prabumulih dr. Rusmini S.KM yang dikonfirmasi mengungkapkan bahwa Poli Orthopedi di RSUD Prabumulih sudah sejak lama dibuka. Poli tersebut lanjutnya untuk memberi pelayanan penanganan masalah kesehatan tulang pada masyarakat. 

    ’’Poli Orthopedi sudah lama ada di RSUD Prabumulih dan ditangani oleh dokter spesialis bedah Orthopedi yakni dr David yang memiliki keahlian khusus dalam penanganan penyakit tulang. Pengadaan Poli Orthopedi juga merupakan komitmen RSUD Kota Prabumulih dalam melayani masyarakat" ujarnya.

    Menurut Rusmini, adapun kunjungan pasien dan jenis penyakit yang banyak dilayani oleh rumah sakit selama ramadhan ini yakni pelayanan Kir kesehatan atau periksa mata, pengawasan kehamilan normal serta orang yang mendapatkan pelayanan kesehatan untuk pemeriksaan khusus dan investigasi lainnya. 

    "Ada juga beberapa jenis panyakit lain seperti hipertensi esensial, penyakit telinga dan infeksi saluran pernapasan bagian atas akut lainnya. Apalagi cuaca saat ini tidak menentu dan susah ditebak. Memang jumlahnya tidak terlalu banyak namun lebih dominan dilayani daripada jenis penyakit lainnya," terangnya. 

    Selain itu lanjutnya, RSUD Kota Prabumulih saat ini juga telah melengkapi sarana poli umum lainnya dalam melayani pasien seperti poli hemodialisa, ortopedi atau bedah tulang dan fisio terapi. 

    "Sejak ada penambahan poli ini banyak pasien yang terbantu, karena tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke rumah sakit di Palembang. Seperti poli bedah tulang cukup banyak dikunjungi pasien yang akan melakukan konsultasi atau rawat jalan," imbuhnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini